Dollar Gratis


Thursday, May 10, 2007

Menangis krn jauhnya perjalanan

diambil dari 1001 kisah teladan
Dikota Basrah ada seorang ahli ibadah yang jiwanya dirundung rasa takut dan kesedihan menjadi kurus oleh tangis dan beban pikiran. Ketika menjalang ajal seluruh keluarganya menangis di sekelilingnya. Ia meminta dibantu agar dapat duduk lalu menatapi seluruh keluarganya satu persatu.

Kepada Ayahnya dia bertanya:"Ayah apa yang membuat ayah menangis?" Ia menjawab, "Wahai anakku, aku ingat bahwa kepergiannmu membuatku sangat kehilangan dan merasa sendirian!"

Kemudian kepada ibunya ia bertanya:"Ibu, apa yang membuat ibu menangis?" Ibunya menjawab:"Karena aku merasakan kepahitan kehilanganmu!"

Kemudian dia menoleh ke istrinya dan bertanya kepada Istrinya:"Apa yang membuatmu menangis?" Ia menjawab," Karena aku kehilangan keasempatan berbakti kepadamu dan jika aku membutuhkan sesuatu aku harusminta tolong kepada orang lain!"

Kemudian dia menoleh ke anak-anaknya dan bertanya, "Apa yang membuat kalian menangis?" Mereka menjawab, "Karena kepedihan menjadi yatim dan kehilangan sosok teladan jika engkau pergi!"

Ketika itulah dia menangis tersedu seraya memandangi mereka satu persatu. Ketika ditanya, apa yang membuatnya menangis demikian? Ia menjawab,"Aku menangis karena ternyata kalian masing-masing hanya menangisi diri sendiri bkan menangis karena aku. Tidak ada diantara kalian yang menangis karena baetapa jauh perjalananku? Tidak ada diantara kalian yang menangis karena betapa sedikit bekalku? Tidak ada diantara kalian yangmenagis karena betapa mengerikan tempat berasemayamku dalam tanah? Tidak ada diantara kalian yang menangis karena betapa nasibku mendapat perhitungan amal yang buruk? Tidak ada diantaran kalian yang menangisiku bagaimana kelak aku harus berdiri menghadap Alloh, Robb semesta alam?!.

Kemudian ia rebah dan meninggal dunia."

0 Komentar:

Post a Comment

<< Home